Solusi Banjir Jakarta, Anies: Simpel kok Cuma Buat Lubang



 korankiu.net


BERITA AKURAT

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal membangun drainase vertikal secara masif di Ibu Kota. Dia menargetkan 1,8 juta drainase vertikal bisa dibuat di seluruh penjuru Jakarta.

"Kita akan secara masif membangun vertikal drainase jadi kemarin diperlukan kira-kira 1,8 juta lubang drainase yang harus dibangun di Jakarta," kata Anies di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.

Mantan Menteri Pendidikan itu mengatakan, drainase vertikal berfungsi untuk mencegah penurunan tanah hingga mencegah banjir. Dia menuturkan kebanyakan air yang masuk di tanah merupakan limbah yang merusak kualitas air.
Jadi air tanah kita itu kualitasnya makin menurun karena justru yang dimasukkan air yang limbah. Seharusnya diolah dulu tapi septic tank kita itu mayoritas semuanya diserap ke dalam tanah. Sementara air hujan malah dialirkan ke luar," jelas Anies.

Anies mengatakan, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah membangun sebuah drainase vertikal di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dia Menilai, Uji coba yang dilakukan saat hujan turun itu efektif mencegah banjir.

Meskipun lapangan itu merupakan kawasan ruang terbuka hijau, namun permukaan tanah tidak mampu menyerap air sehingga menyebabkan genangan.

Ketika uji coba dilakukan dengan membuat lubang drainase vertikal, air yang berada di atas permukaan pun langsung surut.
BERITA AKURAT
Anies juga mengakui telah mendokumentasikan uji coba melalui video dari mulai sebelum dibuat drainase vertikal hingga hasil uji coba selesai.

Di lapangan, tempat itu ruang terbuka hijau dan airnya tak menyerap. Kemudian dibuat, ketika hujan lebat ternyata airnya langsung surut. Jadi masyarakat di sana sudah melihat langsung," ucapnya.

Anies mengatakan tak ada kesulitan membangun drainase vertikal tersebut. Dia akan segera membangun drainase vertikal secara masif setelah anggaran dari APBD turun.

"Yang dikerjakan simpel kok cuma buat lubang. Jadi bukan sesuatu yang luar biasa. Jadi cuma buat lubang aja. Begitu anggaran siap, langsung kita mulai. Tapi targetnya kita harus membangun 1,8 juta lubang," terang Anies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar