BMKG: Pengumuman Prediksi Tsunami Malam Ini Hoax!

WWW.KORANKIU.COM

BERITA HARI INI ``Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menangkal hoax tentang prediksi tsunami. Kabar bohong itu menyatakan tsunami bakal datang nanti malam.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko, Minggu (23/12/2018).

Kabar yang ditepisnya adalah 'pengumuman' berisi prediksi bahwa nanti malam akan ada dampak tsunami, daerah yang terkena adalah Cilegon, Serang, dan Bandar Lampung. Hoax itu juga menyatakan kondisi saat itu sudah siaga satu. Hoax itu juga mengajak orang untuk terus berdoa.

"Itu hoax," kata Harry dalam keterangannya kepada wartawan POKER88.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat agar tetap tenang dalam menanggapi informasi bencana tsunami. Namun warga tetap harus waspada.

"Masyarakat saya imbau untuk tetap tenang tapi juga waspada, tidak terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan," kata Jokowi di Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12) malam kemarin. Berdasarkan pembaruan data yang dilakukan BNPB per pukul 16.00 WIB, tsunami mengakibatkan 222 orang tewas, 843 orang luka-luka, dan 30 orang hilang. Tsunami terjadi di Banten dan di Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar