Terkait Ulah Neno Pakai Mik Pesawat, Komisi V DPR: Sanksi ke Lion Air Sangat Tepat

 korankiu.com

AGEN POKER TERBAIK
Anggota Komisi V DPR Fraksi PDI Perjuangan Alex Indra Lukman menilai sanksi yang dijatuhkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke maskapai Lion Air sudah tepat.

“Sangat tepat,” tegas Alex seperti dikutip detikcom, Rabu (29/8/2018).

Diketahui, Kemenhub memberi sanksi terguran ke maskapai Lion Air lantaran mengizinkan Neno Warisman menggunakan mikrofon pesawat atau Public Address System (PAS) untuk kepentingan pribadi.
Menurut Alex, mikrofon pesawat tidak bisa dipakai sembarangan. Ada aturan internal masing-masing maskapai terkait penggunaan alat komunikasi tersebut.

“Karena ada aturan internal maskapai bahwa penggunaan mikrofon pesawat hanya oleh kru pesawat untuk memberikan informasi terkait penerbangan,” ujar Alex.

Alex menambahkan, jika Neno diperbolehkan memakai mikrofon pesawat, dikhawatirkan langkah semacam itu akan diikuti penumpang pesawat lainnya.

“Kalau dibiarkan maka bisa saja nanti orang jualan obat gunakan mikrofon pesawat, atau ada caleg yang berkampanye dalam pesawat, toh peraturan KPU tidak mengatur hal tersebut,” tutur Alex.

Sementara itu, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) Kemenhub, Capt. Avirianto, mengaku bahwa pihaknya telah melayangkan teguran ke manajemen Lion Air. Teguran itu disampaikan melalui surat dengan Nomor: AU.651/DKPPU/VIII/2018 tertanggal 27 Agustus 2018.

“Meminta Lion Air menindak tegas Station Manager, PIC, dan Cabin Crew yang tidak melaksanakan Internal SOP secara baik dan benar,” kata Avirianto soal isi surat teguran, dalam keterangan tertulis dari Kemenhub, Selasa (28/8/2018).

Adapun pihak maskapai Lion Air sendiri telah menjatuhkan sanksi kepada pilot dan awak kabin yang memberi izin kepada Neno Warisman untuk menggunakan public address system (PAS). Pilot dan awak kabin tidak diperbolehkan terbang atau grounded.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar