Hanya 53 Persen Pendukungnya yang Pilih Prabowo-Sandi, PKS Buat Survei Tandingan

 korankiu.net


AGEN POKER TERBAIK

 Survei Alvara Research Center mengungkapkan, tak semua pemilih partai politik pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai pasangan capres-cawapres tersebut sesuai dengan harapan mereka.
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) misalnya, berdasarkan survei tersebut, hanya 53,3 persen pendukung partai berlambang padi dan bulan itu yang menganggap pasangan Prabowo-Sandi sudah sesuai dengan aspirasi mereka.
Persentase tersebut paling kecil bila dibandingkan dengan konstituen partai pendukung Prabowo-Sandi lainnya, Gerindra dan PAN.hasil poling selanjutnya akan di lanjutkan ...bisa dilihat siapa yg ungulannya

Menanggapi temuan tersebut, ketua Departemen Analisis Badan Pemenangan Pemilu DPP PKS Agus Purnomo mengatakan, pihaknya tengah melakukan survei pembanding terkait peta pemilih PKS dalam Pilpres 2019. Survei ini nantinya akan menjadi perbandingan dengan temuan survei-survei sebelumnya.

“Kami sedang melakukan survei pembanding, pekan depan baru bisa membandingkan. Kami belum mendalami detail survei Alvara,” kata Agus dalam pesan singkat, Senin (27/8/2018).
Hasil survei internal ini akan dijadikan landasan bagi PKS untuk mengonsolidasikan seluruh elemen partai untuk meningkatkan dukungan pemilih PKS terhadap Prabowo-Sandi.

“(Dengan) berbasis survei internal dan pembanding, (kami) melakukan konsolidasi struktural,” ujarnya.

Agus menduga, rendahnya pemilih PKS yang mendukung pasangan Prabowo-Sandi kemungkinan karena sebagian pemilih belum menentukan pilihan atau memang sudah memilih calon lain.
Sementara Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, sebelumnya mengatakan, rendahnya persentase pemilih PKS tersebut disebabkan adanya efek kejut karena Prabowo lebih memilih kader Gerindra, Sandiaga Uno, sebagai cawapres.

“Padahal, kita bisa melihat PKS adalah partai yang paling serius mendorong kandidatnya menjadi cawapres Prabowo. Bahkan, muncul sembilan nama yang diusulkan oleh PKS untuk dipasangkan dengan Prabowo,” kata Hasanuddin di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

“Tetapi Prabowo lebih memilih kader Gerindra sendiri Sandiaga Uno sehingga ada efek kejut juga kekecewaan mereka terhadap pasangan ini,” lanjutnya.

Sedangkan pemilih Gerindra mencapai 87,5 persen yang menilai Prabowo-Sandi sudah sudah sesuai dengan aprirasi mereka.

Untuk PAN, 72,5 persen pemilihnya sudah menganggap pasangan Prabowo-Sandi sudah sesuai aspirasi mereka. Sementara di Demokrat angkanya mencapai 63,9 persen.

Survei Alvara Research Center tersebut dilakukan pada 12-18 Agustus 2018. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada responden sebanyak 1.500 orang dengan usia di atas 17 tahun.

Adapun margin of error survei Alvara Research Center tersebut yakni 2,9 persen.

Sementara terkait elektabilitas capres-cawapres, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin masih unggul atas pasangan Prabowo-Sandiaga.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 53,6 persen. sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga 35,2 persen. Dan pemilih yang belum memutuskan sebesar 11,2 persen.

kita tunggu ya hasil poling selanjutnya ... salam merdeka bangsaku

sumber

https://jurnalpolitik.id/2018/08/28/hanya-53-persen-pendukungnya-yang-pilih-prabowo-sandi-pks-buat-survei-tandingan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar