Pengamat: SBY Dukungan Jokowi Dengan Syarat,,,,,,,,,,????


PolitikQQ - Dalam pidato di rapat pimpinan nasional Rapimnas Partai Demokrat di Bogor, Sabtu (10/03), yang dihadiri Jokowi, SBY menyatakan : "Pak Presiden. Jika Allah menakdirkan, senang Partai Demokrat bisa berjuang bersama bapak."

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Unair Muhammad Asfar menyebutkan pernyataan SBY itu merupakan sinyal untuk membuka pintu koalisi dengan Jokowi, namun dengan syarat.

"Hanya saja kalimat insya Allah itu sebenarnya dengan bahasa lain memberikan sinyal juga ada syarat-syarat tertentu untuk memberikan dukungan atau koalisi itu bisa terbentuk," jelas Asfar.

Dia menilai 'pintu' yang dibuka SBY ini merupakan awal dari komunikasi untuk melakukan negosiasi sebelum memberikan dukungan.

"Kalau membangun koalisi artinya kami dapat apa," ujar Asfar dalam wawancara Sabtu (10/03).

Asfar menilai pernyataan SBY ini berbeda dengan pimpinan partai yang telah mendukung Jokowi.

"Beda dukungan dari Golkar, Nasdem, Hanura, PPP memberikan dukungan dengan tegas tanpa syarat," kata dia.

Jokowi hadir dalam pembukaan rapimnas Partai Demokrat, dan menyebut dirinya seorang pemimpin yang demokrat bukan otoriter.

"Artinya saya dan Pak SBY ini sebenarnya beda tipis banget. Kalau saya seorang demokrat, kalau Pak SBY tambah satu, ketua partai Demokrat," kata Jokowi disambut tawa peserta rapimnas.

'AHY wapres atau menteri'
Asfar memperkirakan syarat yang diajukan Partai Demokrat untuk berkoalisi adalah dengan memberikan posisi pada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, putra sulung SBY.

"Kalau terjadi koalisi ya high goal-nya itu wakil presiden, atau menteri dalam kabinet," jelas dia.

Namun, Asfar menduga jika AHY dipasangkan sebagai wapres Jokowi akan mendapatkan tantangan dari sejumlah partai lain, terutama PDIP. Sebaliknya jika AHY tidak dipasangkan sebagai wapres Jokowi dalam pemilu 2019 nanti, menurut Asfar, PDIP akan menerima dukungan tersebut.

Asfar menilai dengan memberikan dukungan pada Jokowi yang memiliki elektabilitas tinggi, akan menguntungan Demokrat.

"Diperkirakan pembangunan infrastuktur yang dilakukan Jokowi akan dirasakan manfaatnya pada lima tahun mendatang, dan akan menguntungkan pemerintah, dan juga demokrat jika ada di dalam koalisi pemerintah," jelas dia.

Dalam pemilihan presiden 2014 lalu, memilih netral dan tidak mendukung salah satu calon presiden saat itu, Joko Widodo ataupun saingannya Prabowo Subianto.

2 komentar:

  1. Yuk Segera bergabung dan bermain di GaleriQQ agen bandarq, Domino 99 dan Bandar Sakong Online terbesar di asia dengan bonus 0.5% setiap minggunya, Bonus refferal 20% seumur hidup dan dengan kartu yang baik untuk kemenangan anda setiap harinya.

    Untuk Info lebih lanjut kunjungi :
    Website : GaleriQQ
    BBM : D60A983B
    WA : +855968017703
    LINE : csgaleriqq

    Link Alternatif GaleriQQ :
    Galeriqq.net
    Galeriqq.org

    Kunjungi Juga Blog Kami Di :
    agenbandarqgaleriqq.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. HONDAQQ.COM AGEN DOMINO 99 BANDARQ DAN POKER ONLINE TERPERCAYA

    Mengadakan Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 1 Januari 2018 - 1 April 2018.
    Dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,-

    Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Saat yang tepat untuk menguji kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000, -Tunggu apa lagi?

    Segera daftarkan diri anda untuk mengikuti Kontes SEO ini. Tunjukan Kehebatan SEO Anda Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web atau blog terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000.

    Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini. Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN KUNJUNGI KAMI DI :
    Website : http://hondaqqseo.com
    BBM : D8D14919
    WA : WA : +85569718027
    YM : cshondaqq@yahoo.com

    BalasHapus