Mulia Anggota Brimob,Asuh 64 Anak Tak Mampu


Mulia - Kepala Polri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Brigadir Polisi Rochmat Tri Marwoto, anggota Brimob Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur, di Kota Madiun.

Warga Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, itu mendapatkan penghargaan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) lantaran dedikasinya mengasuh 64 anak yatim piatu dan anak tak mampu.

Brigpol Rochmat mulai membiayai anak kurang mampu sejak tahun 2007. Total anak yang diasuh dari kalangan keluarga tidak mampu, yatim piatu, dan yang ditelantarkan orangtuanya sebanyak 64 anak.

Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Timur Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika yang dihubungi Kompas.com, Rabu (24/1/2018), menyatakan ikut bangga atas prestasi yang diraih Brigpol Rochmat.

"Saya turut bangga dan bahagia memiliki anggota yang penuh kesungguhan dan keikhlasan mengurus 64 anak yang kurang mampu. Semoga niatan baik beliau mendapat imbalan dari Allah SWT," kata I Ketut Gede Wijatmika.

Wijatmika berharap prestasi dan penghargaan yang diterima Brigpol Rochmat dapat menginspirasi anggota yang lain. Untuk itu, Brigpol Rochmat layak mendapatkan penghargaan.

"Yang bersangkutan memang layak mendapatkan penghargaan. Semoga bisa memotivasi semua untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari kita semua," jelas Wijatmika.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera yang dikonfirmasi menyatakan, pihak yang memberikan penghargaan kepada Brigadir Rochmat tidak hanya Kapolri.

"Bukan hanya Kapolri, tapi juga publik dan media juga," ujar Frans.

Frans mengatakan, selain menerima penghargaan, Brigpol Rochmat diundang makan siang bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, Brigpol Rochmat mengaku tak menyangka bakal mendapat penghargaan pendidikan sekolah bagi calon perwira dari Kapolri. Sebab, ia meniti karier polisi dari tamtama.

"Saya tidak menyangka dan tidak kepikiran sama sekali. Apalagi saya kan dari tamtama, tetapi bisa mendapat penghargaan sekolah perwira itu kan peluangnya kecil sekali," kata Rochmat.

Tak hanya dia, istrinya Helmiyah (38) juga kaget dan tak menyangka. "Istri saya juga kaget, saya yang dulu berkarier dari tamtama sekarang bisa sekolah perwira," ungkap Rochmat.

Rochmat menambahkan, dia akan mengikuti pendidikan SIP di Sukabumi pada 1 Maret 2018.

Diberitakan sebelumnya, meski tak bergaji lebih, Brigpol Rochmat Tri Marwoto (40), anggota Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur, Jalan Yos Sudarso No 90, Kota Madiun, tak pernah menyerah berjuang menghidupi 64 anak asuhnya.

Bersama istrinya, Rochmat yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin bahu-membahu menghidupi dan menyekolahkan mulai anak yatim, anak telantar, hingga anak mantan pecandu narkoba.

"Anak yang pernah makan satu rumah dengan saya ada 64 anak. Ada yang tinggal dua bulan, ada yang tujuh tahun," kata Rochmat, Rabu (22/11/2017) siang.

Brigpol Rochmat mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jatim karena berprestasi dalam hal kepedulian sosial. Pasalnya, sejak tahun 2007, Rochmat menampung anak-anak telantar, kurang mampu, dan anak yatim di rumahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar