Searching...
Thursday, July 27, 2017

Total Belanja Guardiola Rp 15,4 T Dalam 9 Tahun Melatih

1:55:00 AM
  


Majalah QQ - Sembilan tahun jadi pelatih, Pep Guardiola terhitung boros saat membeli pemain. Total belanjanya nyaris mencapai 1 miliar euro atau sekitar Rp 15,4 triliun!

Pep memang dikenal sebagai pelatih jempolan sejak eranya di Barcelona. Kemunculannya di tim utama pada 2008 langsung mengejutkan banyak orang ketika dia membawa Los Cules meraih treble di musim perdananya.

Minim pengalaman melatih, Pep dianggap sukses dengan sepakbola tiki-taka serta kebijakannya memakai pemain binaan La Masia. Nama-nama seperti Pedro Rodriguez, Sergio Busquets, Gerard Pique, Andres Iniesta, dan tentunya Lionel Messi yang asli binaan La Masia yang menjadi tulang punggung Barcelona era Pep.

Begitu juga setelah pindah ke Bayern Munich dan Manchester City, Pep juga mengorbitkan para pemain muda binaan klub masing-masing.

Tapi bukan berarti Pep tak berbelanja pemain bintang. Justru Pep memanfaatkan kekayaan klub-klub yang pernah ia tangani.

Di musim pertamanya melatih Barca tahun 2008, Pep menghabiskan 96 juta euro atau sekitar Rp 1,4 T. Musim berikutnya Pep menghabiskan 113 juta euro, lalu 72,5 juta euro dan 60 juta euro di musim terakhirnya.

Berlanjut di Bayern Munich pada tahun 2013, Pep menghabiskan 62 juta euro di musim perdananya. Di musim kedua Pep 53,4 juta euro dan 66,5 juta euro.

Barulah di Manchester City, Pep seperti "kesetanan" karena menghabiskan dana transfer yang begitu besar. Di musim perdananya saja, Pep menghabiskan 213 juta euro. Di musim panas ini, 240 juta euro sudah dihabiskan Pep untuk belanja pemain meskipun bursa transfer baru ditutup 31 Agustus mendatang.

Total 240 juta euro itu cuma kalah dari Real Madrid yang menghabiskan 250 juta euro di musim 2009/2010 saat mendatangkan Kaka serta Cristiano Ronaldo.

Dari kabar yang beredar, Pep masih akan belanja pemain lagi. Rata-rata per musim Pep menghabiskan 110 juta euro atau lebih dari Rp 1 triliun. Dari total belanja Pep selama 9 musim ini telah menghabiskan 998,4 juta euro, yang sebagian besar dihabiskan untuk membeli pemain bertahan/kiper.

Jadi menurut Kamu, Pep Guardiola itu ahli dari sananya atau terbantu karena para pemainnya?










0 komentar:

Post a Comment