Kopi Susu Legendaris Ada Di 'Kedai Kopi Apek' Di Medan

 


Majalah QQ - Kopi susu di kedai legendaris ini sudah melegenda. Kopi hitam dan kopi susu diracik dengan kopi lokal. Cocok disantap dengan cemilan di pagi hari.

Kalau di Jakarta ada kopi Tak Kie  salah satu yang legendaris, Medan juga punya kopi yang sudah melegenda sejak dulu. Namanya Kedai Kopi Apek yang berlokasi di jalan Hindu No. 37, Medan. Sudah ada sejak tahun 1923. Kedai kopi yang mungil ini selalu dipenuhi pengunjung, tidak hanya warga keturunan Tinghoa tapi juga penduduk lokal.




Nama 'Apek' didapatkan dari nama anak pasangan Thia A Kee dan Khi Liang Kiao. Kini kedai legendaris ini diteruskan oleh generasi ketiga yaitu anak dari Apek yang punya nama lengkap Thia Tjo Lie.

Bangunan yang sederhana dengan luas 40-50 m2 yang terbagi menjadi dua area, yaitu area untuk meracik kopi dan tempat duduk pengunjung. Hanya ada beberapa meja kayu kuno dan harap bersabar jika datang pada pagi hari karena selalu penuh pengunjung.

Racikan kopi yang khas dari kedai ini adalah Kopi Sidikalang. Kebanyakan orang kalau berkunjung ke kedai ini selalu mencicipi kopi Sidikalang hitam atau dipadu dengan susu dan es. Selain kopi Sidikalang yang diracik, ada juga kopi berjenis Robusta yang selalu ditambah dengan susu kental manis.

Tidak seperti kebanyakan es kopi sekarang, kedai legendaris Apek ini justru meracik kopinya dengan campuran susu kental manis secara terpisah.

Kalau sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk singgah ke kedai kopi Apek yang buka setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga jam 2 siang.











No comments:

Post a Comment