5 Negara Putus Hubungan Dengan Qatar



Berita Akurat - Ada lima negara yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, dan Yaman adalah kelima negara yang putus hubungan dengan Qatar dengan alasan Qatar banyak menyokong organisasi Islam yang terkait dengan terorisme.

Empat point tudingan yang membuat kelima negara tersebut putus hubungan dengan Qatar adalah Qatar mendukung terorisme dan ekstremisme, Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Mesir, Arab Saudi dan UEA, Qatar mendukung agenda-agenda Iran (musuh utama negara-negara Arab terutama Saudi), Qatar juga ikut menyokong kelompok Houthi (pemberontak di Yaman) yang didukung Iran.

Qatar dipimpin oleh Raja Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani yg berkuasa sejak Juni 2013. Qatar meraih kemerdekaan dari Inggris pada 3 September 1971. Qatar berpenduduk 2,7 juta jiwa dengan luas wilayah 11,437 km. Mayoritas penduduk Qatar adalah Islam dengan mata uang Riyal. Qatar meluncurkan TV Al-Jazeera pada 1996 dan dianggap sebagai stasiun tv yang menjadi pesaing CNN. Qatar merupakan eksportir terbesar gas alam cair (LNG) di dunia.

Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2020.


Sumber: www.detik.com

No comments:

Post a Comment