4.212 Warga Lapas Ikut Nyoblos di Pilgub DKI Putaran Kedua.


Majalahqq.com ,Penghuni lembaga permasyarakatan (lapas) di DKI Jakarta ikut memeriahkan pesta demokrasi pada Pilgub putaran kedua. Sebanyak 4.212 warga binaan akan menggunakan hak suaranya di enam lapas yang ada di Jakarta.

"Penghuni lapas dan rutan di wilayah lapas Narkotika kelas II A dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) terbanyak yakni 1.145 pemilih. Disusul WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) lapas kelas I Cipinang sebanyak 1.108 pemilih, dan WBP Rutan Kelas I Cipinang sebanyak 921 pemilih," ujar ujar Kasubag Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Syarpani dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (18/4/2017) malam.

"Kemudian di lapas Cipinang 1.108 pemilih, lapas Salemba 347 pemilih, lapas Narkotika Jakarta 1.145 pemilih, Rutan Cipinang 921 pemilih, Rutan Jakarta Pusat 421 pemilih dan Rutan Jakarta Timur 270 pemilih," sambung dia.

Syarpani mengatakan warga binaan yang bisa mencoblos adalah warga yang memiliki KTP DKI Jakarta. Pihaknya mengatakan telah berkoordinasi dengan KPU untuk menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing Rutan.

"WBP yang terdaftar sebagai DPT di lapas dan rutan adalah mereka yang memiliki kartu tanda penduduk setempat dan sebelumnya telah melakukan perekaman data. Untuk memudahkan WBP dalam memilih, pihak KPU setempat juga menyediakan TPS di masing-masing lapas dan rutan," katanya.

Selain lapas, KPK sebelumnya juga telah menyediakan TPS bagi para tahanan pada Pilkada DKI putaran kedua. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengaku sudah berkoordinasi dengan Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

"KPK berencana memfasilitasi pelaksanaan hak para tahanan di KPK untuk memberikan suara pada Pilkada DKI besok di gedung KPK Kav C1," kata Febri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (18/4).

Febri mengatakan TPS 19 berada di gedung KPK lama, Jalan HR Rasuna Said, yang dibuka pada Rabu (19/4) mulai pukul 10.00 WIB. Saat ini, ada 13 tahanan yang merupakan penduduk DKI Jakarta.

"Untuk dapat melaksanakan hak pilih, tahanan harus terlebih dahulu mengurus formulir model A5-KWK Surat Pemberitahuan (Daftar Pemilih Pindahan)," kata Febri.





No comments:

Post a Comment