Peringati Hari Meteorologi Dunia, 4 Pegawai BMKG Hang Nadim Dapat Penghargaan.


Majalahqq.com -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Stasiun Meteorologi (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam pempoeringati Hari Meteorologi Dunia ke-67, Kamis (23/3/2017) pagi di halaman kantor BMKG.

Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Philip Mustamu bertindak sebagai pemimpin upacara.

Pada acara, Philip membacakan amanah BMKG RI.

Pada pemaparannya, peringatan acara ini yang digelar tanggal 23 Maret setiap tahunnya di seluruh dunia..

Dunia cuaca internasional tahun ini mengangkat tema "Understanding Cloud" yang artinya bersahabat dengan cuaca untuk siaga bencana.

Tema ini dipilih seiiring tertujunya mata dunia terhadap isu dampak perubahan iklim yang semakin meningkatkan jumlah frekuensi bencana, terutama bencana hidrometeorologis.

Untuk itu, lembaga pemerihati cuaca, termasuk BMKG dan masyatakat diminta agar terus saling mendukung.

"Termasuk untuk melestarikan alam dan lingkungan sekitar. Cuaca merupakan salah satu kebutuhan primer umat manusia beserta ciptaan Tuhan lainnya," papar Philip.


Selain itu, Philip juga memaparkan kesungguhan instansinya sebagai agen informasi cuaca bagi dunia penerbangan, kemaritiman, dan aktivitas masyarakat di darat.

"Sebab, dalam perjalanannya, Meteorologi itu sendiri merupakan ilmu interdisipliner yang mengenali atmosfer. Meteorologi telah dilakukan selama ribuan tahun, meski kemajuan yang signifikan baru terjadi pada abad ke-18. Dengan momen ini, saya, kita semua, mari cintai lingkungan demi kelangsungan hidup makhluk hidup ke depan," jelas Philip.

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan seminar Online Discussion Group-31 (OGD-31). dengan tema "Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SPAK)" yang diselenggarakan Pusdiklat BMKG.

Dalam acara ini juga, Kepala Stasiun BMKG memberikan penghargaan kepada empat pegawai berprestasi mengembangkan aplikasi Sinop dan Hanameso/e-flight document.

Mereka berjasa karena telah membantu kegiatan operasional stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam dalam pengolahan data cuaca dan pelayanan data untuk penerbangan.




No comments:

Post a Comment