HIDAYAT NUR WAHID : PEMIMPIN HARUS MEMILIKI KEMAMPUAN BERKOMNIKASI YANG BAIK

http://www.koranqq.com/

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menegaskan bahwa pemimpin diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia di tengah munculnya berbagai konflik horizontal yang berpotensi merusak kesatuan dan persatuan Indonesia.
"Pemimpin itu perlu menghadirkan pola kehidupan yang berkualitas, dan itu bisa terwujud jika pemimpin memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan berbagai pihak," ujar Hidayat dihadapan puluhan pemuda-pemudi terpilih pada acara Indonesia Student Leadership Camp di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jawa Barat (21/01/2017).

Menurut Mantan Wakil Ketua MPR Periode 2004-2009 tersebut, seringkali kesalahpahaman antar pihak, merusak cara pandang terhadap Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika bangsa Indonesia. Oleh karena itu, komunikasi dianggap memegang peranan penting dalam menjalin interaksi yang baik dengan berbagai pihak, mulai dari antar kelompok kemasyarakatan hingga antar umat lintas agama.
"Selain itu, pemimpin harus memiliki keberanian, bukan keberanian untuk menciptakan situasi tidak nyaman, bukan keberanian untuk menciptakan fitnah atau intrik, tetapi keberanian untuk menawarkan solusi," tutur Hidayat.

Keberanian tersebut, menurut Hidayat, merupakan bentuk karakter pemimpin yang memiliki jati diri, keunggulan, profesionalitas. Sebab, semua itu bisa mendatangkan manfaat untuk kepentingan masyarakat.

Hidayat juga mengimbau agar masyarakat bersama para pimpinan negara perlu berhati-hati untuk tidak ikut gegabah serta memancing konflik satu sama lain. Mengingat potensi tersebut bisa dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang berusaha mengganggu keutuhan NKRI.
“Jangan ikutan gila, ikutan menyebar berita bohong, ikut-ikutan fitnah, ikutan mengadu domba antar umat Islam dengan TNI dan Polri, karena ada indikasi kelompok-kelompok yang berusaha mengganti Pancasila dengan ideologi-ideologi lain,” ujarnya


No comments:

Post a Comment