Searching...
Wednesday, February 8, 2017

Ahok: Tanggul Selesai, Jakarta Bebas Banjir Tahun 2022

7:37:00 PM

http://www.koranqq.com/app/Default0.aspx?lang=id

Masa kampanye Pilgub DKI 2017 hampir usai. Cagub DKI Basuki T Purnama (Ahok) sudah mendapatkan beberapa kesimpulan dari hasil blusukannya selama kurang-lebih tiga bulan.
Salah satu kesimpulan yang didapat Ahok adalah banyak warga yang setuju dengan program normalisasi sungai dan program relokasi warga dari bantaran kali. Ahok juga sudah punya resolusi bahwa Jakarta, pada 2022, akan bebas banjir.
"Saya dapatkan masyarakat sebenarnya terima saja (relokasi). Masyarakat ini terima, termasuk kita mau normalisasi sungai, terima kok. Saya tadi sengaja datang tempat warga yang paling pinggir (sungai)," kata Ahok seusai blusukan di Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (8/2/2017).
"Kalau tanggul semua selesai ya, harusnya 2022 selesai (bebas banjir)," lanjutnya.

Ahok pun menjelaskan bagaimana programnya mewujudkan Jakarta yang bebas banjir pada 2022. Salah satu program yang terus dia lakukan adalah normalisasi sungai dari hilir di Jakarta Utara ke hulu.
"Mengapa kita mulai dari hilir, karena belum tentu utaranya lebih besar dibandingkan di hilir. Kadang-kadang, kita mau buat desain itu nggak tahu lapangan," papar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga berjanji tidak akan banyak melakukan penggusuran. Penggusuran hanya akan dilakukan bila diperlukan saja dan tidak akan mengganggu ekosistem asli kali.
"Dulu di Ciliwung sheet pile saja. Saya bilang nggak bisa, kita harus turun ke lapangan. Begitu ketemu batu cadas, saya bilang ini sheet pile-nya harus dibuang, nggak boleh. Anda nggak bisa membuat perencanaan gambar saja," tutup Ahok.

0 komentar:

Post a Comment