Kontroversi Wasit Fu Ming di Laga Vietnam Vs Indonesia.


Majalahqq.com - Wasit Fu Ming kembali memperlihatkan kontroversi dalam kepemimpinannya. Saat memimpin duel leg kedua semifinal Piala AFF 2016 mempertemukan Vietnam versus Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016) malam, Fu Ming mengusir kiper Tran Nguyen Manh.

Kiper andalan Vietnam itu diusir pada menit ke-75. Tran Nguyen Manh dikartu merah karena diduga melakukan tindakan ofensif terhadap gelandang bertahan Timnas Indonesia, Bayu Pradana, setelah keduanya beradu di depan gawang.

Bek Que Ngoc Hai lantas menggantikan Tran Nguyen Manh karena Vietnam sudah melakukan tiga kali pergantian pemain.

Di sisi lain, kartu merah yang diterima kiper Tran Nguyen Manh dipastikan jadi pembicaraan, tidak hanya di kalangan fans Vietnam melainkan juga publik sepak bola Indonesia. Kartu merah itu akan dikenang sebagai salah satu momen dalam duel di Piala AFF edisi ke-11 tahun ini.

Wasit Fu Ming sebelum ini memang terkenal kontroversial. Ia tidak segan mengusir pemain bila dalam penilaiannya melanggar regulasi permainan.

Sesuai data yang dihimpun Bola.com, kartu merah Tran Nguyen Manh merupakan kartu merah keenam yang diberikan Fu Ming sejak 2014 dalam partai internasional resmi. Secara khusus, jadi kartu merah kedua yang diberikan bagi pemain tim tuan rumah.



Kontroversi Fu Ming tidak berhenti dikartu merah Tran Nguyen Manh. Fu Ming memberikan penalti pada Indonesia setelah Que Ngoc Hai diberi kartu kuning setelah melanggar Ferdinand Sinaga di kotak penalti.

Bersamaan dengan keluarnya kartu kuning, Fu Ming juga menunjuk titik putih alias memberikan hadiah penalti untuk Indonesia pada menit ke-96.

Manahati Lestusen yang mengeksekusi penalti, menjalankan tugasnya dengan baik dan mengubah skor jadi 2-2.

Kontroversi selanjutnya Fu Ming terjadi saat ia sudah menunjuk titik putih, setelah Que Ngoc Hai lagi-lagi menjatuhkan pemain Indonesia. Kali ini, Rizki Pora yang jadi korban.

Hanya, setelah berkoordinasi dengan asisten wasit, Fu Ming mengubah keputusannya dan membatalkan penalti untuk Indonesia.

Perbedaan pendapat antara wasit dan asisten wasit ini pernah terjadi di laga Malaysia kontra Kamboja pada penyisihan Grup B. Ketika itu asisten wasit sudah mengangkat bendera tanda offside, namun wasit tetap mempersilakan pertandingan dilanjutkan atau game on.

Alhasil, Kamboja yang dalam keuntungan, menceploskan bola ke gawang Khairul Fahmi Che Mat lantaran para pemain malaysia yang masih kebingungan.

Meski sejumlah keputusan wasit Fu Ming jadi kontroversi, duel Vietnam versus Indonesia secara keseluruhan berjalan lancar dan seru. Publik Indonesia pun bisa puas karena tim kesayangan melaju ke final setelah menyudahi pertandingan dengan skor 2-2.



No comments:

Post a Comment