Ahok Terima Bila Hakim Larang Sidang Kasusnya Disiarkan Langsung


Berita Akurat - Jakarta Calon petahana Gubernur DKI Jakarta Ahok akan menjalani sidang perdana kasus dugaan penistaan agama pada Selasa 13 Desember. Pemilik nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini menyerahkan kepada hakim apakah sidang itu boleh disiarkan secara langsung atau live oleh stasiun-stasiun televisi atau tidak.

"Kita patuh saja, kita kan enggak bisa melarang orang mau live atau tidak, kan enggak bisa," ujar Ahok usai menghadiri acara Partai Hanura di Hotel Sunlake, Jakarta Utara, Minggu (11/12/2016).


Ahok menegaskan, pihaknya tunduk pada hakim. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan hakim mengizinkan atau tidak persidangan disiarkan secara langsung seperti sidang kasus pembunuhan Mirna Salihin.

"Bukan wewenang kita kan," kata Ahok.

Komisi Yudisial (KY) sebelumnya menyarankan agar persidangan kasus Ahok disiarkan secara terbatas oleh televisi. "Patut dicatat dari pengalaman sebelumnya bahwa dalam siaran langsung berpotensi menimbulkan masalah berkaitan dengan independensi peradilan dengan opini publik," ujar juru bicara KY Farid Wajdi.

Hal ini berdasarkan pengalaman persidangan kasus kopi Vietnam bersianida yang disiarkan secara langsung oleh televisi swasta nasional. Farid menjelaskan, siaran langsung dapat berekses pada penghakiman oleh masyarakat, baik kepada kemandirian hakim, pengadilan, maupun kasus itu sendiri.

Selain itu sidang pengadilan yang disiarkan secara langsung semakin membuka polemik dalam ruang hukum bagi para pakar hukum di luar persidangan. "Polemik atau perang opini secara terbuka dalam kasus sensitif semacam ini perlu dihindari," jelas Farid.

Menurut dia, persidangan yang disiarkan secara langsung secara otomatis tidak akan melalui sensor, padahal ada hal-hal sensitif atau memiliki dimensi susila yang tidak sesuai dengan kepatutan untuk dipublikasi secara terbuka.


POKER ONLINE TERPERCAYA!!!!!
koranqq merupakan Situs Poker Online Uang Asli Terbaik Dan Terpercaya di INDONESIA !!!
HADIR DENGAN JACKPOT RATUSAN JUTA RUPIAH SETIAP HARINYA DAN BONUS BONUS LAIN !!!
Segera Daftarkan Diri Anda Dan Bermain Bersama Kami dan Rasakan Sensasi Bermain Murni PLAYER VS PLAYER !!!
Kami menawarkan permainan poker online yg terbaik se-ASIA
Bingung Mencari Poker Mana Yang Terbaik & Terpercaya? langsung saja daftar bos!!!
=> Bonus cashback 0,3 % - 0.5 %
=> Bonus REFFERALL 10 % + ADD 10 %
=> Minimal Depo 25000
=> Minimal WD 50.000
=> 100% Member Asli
=> Pelayanan DP & WD 24 jam
=> Livechat Kami 24 Jam Online
=> Bisa Dimainkan Di Hp Android
=> livechat :www.koranqq.com
=> hp : +8558969616
=> pin bb : 3301b256
silahkan...
Lihat Selengkapnya www.koranqq.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar