Searching...
Wednesday, August 17, 2016

TNI AL bantah kapal tanker Malaysia dibajak ke perairan Indonesia

6:16:00 PM
Badan Maritim Malaysia mengatakan kapal diduga berada di seputar Batam
Berita Akurat -Kapal tanker minyak berbendera Indonesia yang mengangkut 900.000 liter diesel dilarikan awaknya ke seputar Batam, menurut pejabat Angkatan Laut Indonesia.
Sebelumnya para pejabat maritim Malaysia menyatakan kapal tanker itu dibajak dan dibawa ke perairan Indonesia.
MT Vier Harmoni dilaporkan bertolak dari Tanjung Pelepas di Malaysia Senin (15/08).

Namun TNI Angkatan Laut menyatakan berdasarkan penelusuran Armada Barat melalui Western Fleet Quick Response (WFQR) Tanjung Pinang, kapal itu tidak dibajak.
"Kesimpulan tidak dibajak lebih dipastikan setelah tidak adanya indikasi kekerasan dan melalui koordinasi WFQR dengan MMEA yang menyatakan kapten kapal sempat dua kali menghubungi agennya, bahkan kapal akan dibawa kembali ke Batam karena masalah 'manajemen internal perusahaan," kata juru bicara Angkatan Laut Edi Sucipto, melalui pernyataan tertulisnya.


Untuk memastikan semuanya, TNI AL masih terus mencari kapal yang hingga kini masih belum ditemukan.
"Panggilan terakhir kapten kapal sekitar jam 12 waktu setempat siang Rabu (17/08). Ia kembali menghubungi agennya akan masuk Batam, namun tidak memberikan posisi," tambah Edi.
Sebelumnya Direktur Badan Penegakan Hukum Martim Malaysia (MMEA) menulis dalam akun Twiternya bahwa kapal itu diduga berada di lepas pantai Pulau Batam.
Kargo yang diangkut kapal itu diduga bernilai 1,57 juta ringgit atau sekitar Rp5,1 miliar.

0 komentar:

Post a Comment