Sikap PDI-P Dinilai Jadi Kunci Kemenangan Ahok di Pilkada DKI 2017


Berita akurat - Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, menilai sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menjadi kunci kemenangan bakal calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama, dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Pasalnya, menurut Pangi, PDI-P memiliki Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sebagai kader yang dapat menjadi lawan seimbang Ahok, sapaan Basuki, pada Pilkada DKI 2017.

"Kalau Ahok tidak bisa ambil PDI-P, kemungkinan Risma akan maju. Ini kartu mati buat Ahok," ujar Pangi ketika dihubungi di Jakarta, Minggu (28/8/2016).
Menurut Pangi, Risma dapat menjadi lawan seimbang untuk Ahok karena keduanya memiliki latar belakang sebagai pemimpin daerah yang berprestasi. Selain itu, elektabilitas Risma dari berbagai survei juga cukup tinggi untuk menandingi Ahok.

"Risma dan Ahok ini sesama petahana. Elektabilitas juga sama tinggi," lanjut dia.
Pangi menuturkan, yang menjadi keunggulan Risma adalah perannya yang mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat.

"Ahok belum bisa melakukan pendekatan seperti Risma. Dia harus belajar," kata Pangi.

Saat ini, lanjutnya, banyak parpol yang mendorong PDI-P untuk mengusung Risma sebagai cagub di Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal ini akan menentukan posisi Ahok sebagai bakal cagub petahana yang diusung maupun didukung oleh PDI-P.

Oleh karena itu, Pangi menyarankan agar Ahok mampu melakukan pendekatan substansial kepada para kader di internal PDI-P.

"Lobi-lobi ini harus dilakukan oleh Ahok. Bukan hanya ke elite partai saja, namun juga ke kader dari akar rumput," ungkap Pangi.

No comments:

Post a Comment