Penjelasan Sonic Boom dan Isu Pesawat Jatuh di Karanganyar


Berita Terkini -Sonic Boom dan isu pesawat jatuh ramai diperbincangkan warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (30/8/2016).

Ledakan keras yang terdengar oleh sebagian warga Karanganyar membuat semua orang resah dan bertanya apa penyebabnya bunyi ledakan terjadi. Isu setempat ada pesawat jatuh hingga warga berhamburan mencari informasi kebenaran itu.

“Tahun 2011 pernah terjadi. Sonic boom adalah peralihan kecepatan jet tempur dari biasa ke kecepatan melebihi suara. Peristiwa itu menimbulkan dentuman keras yang merambat lewat udara,” ujar Wabup Karanganyar, Rohadi Widodo seperti dikutip dari Solopos, Rabu (31/8/2016).

Suara ledakan serupa pernah terjadi tahun 2011 lalu. Kala itu warga Desa Segorogunung Kecamatan Ngarogoyoso ramai oleh suara ledakan keras mirip pesawat jatuh. Tapi sepertinya suara itu bukan benar-benar berasal dari pesawat jatuh melainkan Sonic Boom.

Peristiwa Sonic Boom di Karanganyar ramai-ramai dicek kebenarannya hingga pejabat turun langsung mengecek kebenaran informasi tersebut. Peristiwa Sonic Boom sendiri jarang terjadi wajar bila warga berhamburan mencari kebenaran informasi pesawat jatuh.

Belakangan ini ada peningkatan aktivitas pesawat jet tempur TNI di langit Karanganyar. Saking warga sendiri tak bisa melihat kasat mata manuver jet di atas langit hanya terdengar suaranya saja.

Sonic Boom sendiri terdengar jelas oleh warga pada Selasa 30 Agustus 2016 pukul 12.30 WIB.

“Ya biar tidak kaget seperti ini. Kami berharap ada pemberitahuan terlebih dulu ihwal rencana latihan militer,” tutur Wabup Karanganyar.


No comments:

Post a Comment