Searching...
Monday, August 29, 2016

Ini Kata Ahok, Banjir Hebat Tenggelamkan Jakarta

12:23:00 AM

Berita Akurat - Banjir hebat melanda kawasan Kemang, Jaksel pada Sabtu kemarin. Gubernur DKI Basuki T Purnama mengatakan banjir di Jakarta sekarang pindah-pindah.

"Kami sedang pelajari kenapa banjir ini terjadi. Yang pasti banjir di Jakarta sekarang pindah-pindah," ujar Ahok dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Minggu (28/8/2016).

Ahok mengatakan curah hujan di Jakarta saat ini hampir semuanya merata. Hal itu menyebabkan banyak wilayah yang berpotensi tergenangi banjir

"Curah hujan besar terjadi hampir mirip dan merata. Tidak ada hubungan dengan pasang surut laut. Banjirnya di Jakarta pindah-pindah. Kami evaluasi," kata Ahok.

Banjir yang terjadi pada Sabtu kemarin sebagian besar terjadi akibat meluapnya Kali Krukut. Karena sebab inilah kawasan Kemang terutama di depan Kemang Square lumpuh total pada Sabtu malam kemarin. Sejumlah mobil juga terendam di dalam basement.

Banjir juga terjadi di Petogogan, Kebayoran Baru dan Kampung Makassar Jaktim. Air sudah mulai surut namun belum sepenuhnya hilang.

Banjir terjadi di beberapa titik di Jakarta, terutama yang berdekatan dengan aliran Kali Krukut dan Kali Grogol. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan kedua kali tersebut harus segera dinormalisasi.

Ahok mengatakan pihaknya sedang mempelajari kenapa banjir tersebut terjadi. Dia menilai permasalahan banjir di wilayah Jakarta Selatan saat ini lebih besar. Pasalnya banyak bangunan yang berdiri tepat di bibir kali.

"Jakarta Selatan masalah lebih besar. Semua daerah aliran sungai dan lembah bisa ada SHM (Sertifikat Hak Milik). Lihat saja, banyak rumah yang temboknya samping kali dan sungai," kata Ahok lewat pesan singkat kepada detikcom, Minggu (28/8/2016).

Untuk menangani permasalahan tersebut, Ahok menegaskan bahwa normalisasi sungai tersebut harus dilakukan. Ada dua sungai yang disebut Ahok harus dinormalisasi yaitu Kali Krukut dan Kali Grogol.

"Kali Krukut dan Kali Grogol harus dinormalisasi," tegasnya.

"Saya sudah sampaikan, Jakarta Selatan, Kemang dan Mampang masih akan alami (banjir)," tambah Ahok.

Banjir hebat terjadi pada Sabtu kemarin usai hujan deras yang turun seharian. Kali Krukut pun meluap dan menyebabkan kawasan Kemang terutama di depan Kemang Square lumpuh total pada Sabtu malam. Sejumlah mobil di kawasan tersebut terendam banjir.

Selain itu, banjir dilaporkan juga terjadi di Petogogan, Jakarta Selatan; Kebayoran Baru, Jakarta Selatan; dan Kampung Makassar, Jakarta Timur. Air sudah mulai surut pada pagi ini namun belum sepenuhnya hilang.

0 komentar:

Post a Comment