Ahok: Kasus Cengkareng Betul-betul Bikin Saya Marah, Saya Kesal!


Berita Akurat - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengungkapkan kekecewaannya terhadap pelayanan BPJS Kesehatan yang terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat.

"Kasus (RSUD) Cengkareng itu, betul-betul bikin saya marah, saya kesal ini,'' kata Basuki saat menyampaikan sambutan dalam Pertemuan Koordinasi Petugas Puskesmas, Rumah Sakit dan BPJS Kesehatan dalam rangka Pemantapan Pelayanan dan Obat di Era JKN Wilayah DKI Jakarta, di Gedung BPJS Kesehatan, Rabu (29/6/2016).

Pasalnya ada seorang ibu peserta BPJS, melahirkan di RSUD Cengkareng. Setelah tiga hari lahir normal, si ibu dipulangkan ke rumah. Tiba di rumah, anaknya menderita hepatitis.

"Anaknya kuning, mulutnya tidak bisa makan, ya dia ingatnya RSUD Cengkareng. Begitu sore ke sana, dibilang 'lapak kita full. Wah sudah kuning harus diopname, infeksi, tidak bisa makan, sebagai orang tua, takut enggak?,'' kata Basuki.

Begitu ada kamar inap, pihak rumah sakit meminta uang muka kepada orangtua bayi tersebut. Kemudiaan, baru masuk beberapa hari menjalani rawat inap, orangtua kembali ditagih biaya perawatan anaknya.

Padahal, lanjut dia, orang tua bayi tersebut kurang mampu dan hanya berpofesi sebagai tukang ojek. Basuki begitu kesal dengan kejadian tersebut.

"Buat RSUD kami, minta uang muka ke pasien itu haram, ingat Bapak Ibu. Kalau kelakuan tidak beda, buat apa jadi dokter atau jadi perawat,'' Basuki. Kini tiap anak yang baru lahir akan langsung mendapatkan BPJS Kesehatan serta akta lahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar