Sejarah Hari Ini (24 Mei): Laga Terakhir Steven Gerrard Untuk Liverpool

Sejarah Hari Ini (24 Mei): Laga Terakhir Steven Gerrard Untuk Liverpool

Berita Akurat - 24 Mei 2015, Steven Gerrard menjalani pertandingan terakhirnya bersama Liverpool. Bukan kenangan manis yang didapat, tapi justru kekalahan telak dengan skor 6-1 di tangan Stoke City dalam laga pamungkas Liga Primer Inggris musim 2014/15 di Brittania Stadium.

Gerrard juga harus menelan kekalahan, dengan skor 3-1 di tangan Crystal Palace, di laga terakhirnya di Anfield di pekan sebelumnya.

Enam gol Stoke masing-masing dicetak Mame Biram Diouf (2), Jonathan Walters, Charlie Adam, Steven N'Zonzi, dan Peter Crouch. Gerrard, yang tampil sejak menit pertama, sempat memperkecil kedudukan, namun ia tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan dengan skor mencolok.

Tidak banyak peluang di 15 menit awal di babak pertama. Tuan rumah akhirnya memperkecil kedudukan pada menit ke-22 melalui aksi Diouf yang memanfaatkan kegagalan kiper Simon Mignolet dalam mengantisipasi tembakan Charlie Adam. Sang striker mengagakan keunggulan untuk Stoke empat menit berselang lewat tendangan keras.

Walters ikut memperbesar skor untuk Stoke pada menit ke-30, yang memanfaatkan kegagalan antisipasi Emre Can terhadap umpan silang Adam. Pemain yang terakhir juga ikut mencetak gol, tepatnya pada menit ke-41, dengan tembakan kaki kirinya yang akurat. N'Zonzi membuat kedudukan menjadi 5-0 jelang berakhirnya babak pertama.

Gerrard sempat memperkecil kedudukan di babak kedua, yakni pada menit ke-70, melalui penyelesaian akurat ke sudut kiri bawah. Sayang, hanya ini gol yang bisa dilakukan Liverpool karena Stoke mampu kembali menjebol gawang lewat mantan pemain tim tamu. Crouch mengonversi umpan silang Diouf dengan tandukan kepala pada menit ke-86.

Pada 7 Januari 2015, Gerrard sudah dipastikan kalau ia hijrah ke klub Major League Soccer (MLS), Los Angeles (LA) Galaxy, dengan kontrak 18 bulan dan nilai transfer yang kabarnya mencapai 9 juta dollar AS. Namun, sang gelandang baru bergabung dengan tim pada Juli, setelah berakhirnya musim kompetisi Liga Primer. Ia akhirnya menjalani debut pada 11 Juli di laga uji coba pramusim kontra Club America. Tiga hari berselang, ia menjalani debut kompetitifnya, meski ditandai dengan kekalahan 1-0 di Real Salt Lake di perempat-final Piala Open.

Selama 17 tahun membela Liverpool, Gerrard 710 kali pertandingan di berbagai ajang kompetisi, dengan mencetak 186 gol. Di ajang Liga Primer, ia tampil sebanyak 504 dengan menyumbang 12 gol.

Bersama Liverpool, Gerrard memang belum pernah menggenggam gelar juara Liga Primer, namun ia meraih satu Liga Champions, satu Piala UEFA, dua Piala FA, dan satu Piala Super Eropa.

Susunan Pemain:

Stoke City (4-2-3-1): Begovic; Pieters, Muniesa, Shawcross, Cameron; Whelan, N'Zonzi; Arnautovic, Adam, Walters; Diouf.

Cadangan: Butland; Ireland, Odemwingie, Wilson, Sidwell, Crouch, Wollscheid.

Liverpool (4-3-3):  Mignolet; Can, Skrtel, Sakho, Moreno; Lucas, Allen, Henderson; Gerrard, Lallana, Coutinho.

Cadangan: Ward; Toure, Lovren, Lambert, Sterling, Ibe, Markovic.

Sumber : goal.com edisi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar